PENGERTIAN ADMINISTRASI
Asal
Usul Istilah Administrasi
Kata
administrasi berasal dari bahasa Belanda, “administratie” yang artinya segala
kegiatan yang meliputi tulis menulis, ketik mengetik, komputerisasi, surat
menyurat (korespondensi), kearsipan, agenda (pekerjaan pekerjaan Tata Usaha
kantor) Kata administrasi lainnya berasal dari bahasa Yunani, “ Ad ministrare”
yang artinya Ad = pada, ministrare=melayani, maka kata administrasi berarti memberikan
pelayanan. Dari dua pengertian di atas secara gamblang dapat diartikan bahwa
administrasi mempunyai pengertian : “pelayanan kegiatan tata usaha kantor”
(pelayanan pengetikan/komputer, pelayanan surat menyurat , dan lain sebagainya)
Pengertian
Administrasi
Untuk
dapat memberikan pemahaman tentang pengertian administrasi, tidak lepas dari
asal usul kata administrasi itu sendiri sebagaimana bahasan sebelumnya, yakni
“kegiatan tata usaha kantor” dan “ melayani”
Menurut
Prof.Prajudi Atmosudirdjo (Lembaga Administrasi Negara), membedakan
administrasi dalam 2 pengertian, yaitu :
1.
Administrasi dalam pengertian sempit
2.
Administrasi dalam pengertian luas
Administrasi
Dalam Pengertian Sempit
Dalam
pengertian sempit di sini dimaksudkan ditinjau dari lingkup kerja yang sempit
yaitu hanya berkisar pada kegiatan tata usaha kantor (office work) seperti :
tulis menulis, pengetikan surat menyurat (termasuk menggunakan kompuer),
agenda, kearsipan, pembukuan dan lain sebagainya.
Administrasi
Dalam Pengertian Luas
Dalam
pengertian luas administrasi dapat dibedakan dalam 3 sudut, yaitu :
1.
Proses
2.
Fungsi atau Tugas
3.
Kepranataan/Institusi
.Beberapa
Definisi Administrasi
Pada
saat ini administrasi telah berkembang menjadi cabang ilmu pengetahuan
tersendiri yang sejajar dengan ilmu pengetahuan sosial lainnya. Definisi
administrasi terus berkembang seiring dengan berkembangannya ilmu pengetahuan
dan teknologi. Definisi-definisi dapat dibedakan menurut para penulis Indonesia
maupun penulis asing, sebagai berikut :
1.
Definisi Menurut Penulis Indonesia
The Ling
Gie
Administrasi
adalah “ Segenap rangkaian perbuatan penyelenggaraan dalam setiap usaha
kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan”
Sutarto
Administrasi
adalah “ Suatu proses penyelenggaraan dan pengurusan segenap tindakan /kegiatan
dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan”
Sondang
P Siagian
Administrasi
adalah “ Proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitas
tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan”
Definisi
Menurut Penulis Asing
Leonard
D. White
Dalam
bukunya “Introduction to The Study of Public Administration”, Leonard D. White
mendefinisikan : “ Administrasi adalah suatu proses yang pada umumnya terdapat
pada semua kelompok Negara (swasta, sipil atau militer, usha besar maupun usaha
kecil)”.
William
H. Newman
Dalam
bukunya “ Administrative Action” William H. Newman mendefinisikan :
“Administrasi sebagai pedoman/petunjuk, kepemimpinan dan pengawasan dari
usaha-usha sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar